5 Trik Agar Desain Interior Rumah Selalu Update, Nggak Perlu Gonta-Ganti Lagi!
Berbicara tentang desain interior sebuah rumah pastinya akan sangat menarik bagi Anda yang hobi dengan interior. Apalagi bila merayakan hari istimewa atau perayaan lain yang serupa, pastinya Anda juga akan memikirkan budget untuk mengganti beberapa sudut dari rumah Anda yang sudah dirancang sebelumnya. Ya, mengganti desain interior rumah sudah menjadi sebuah rutinitas setiap tahun mengingat tren perkembangan desain yang semakin up to date.
Berbagai alasan tentang perlunya mengganti desain interior membuat pemilik rumah pun memikirkan cara agar biaya desain interior yang tidak murah itu bisa diminimalkan. Seperti apa caranya? Cobalah untuk membuat desain interior rumah Anda selalu update sepanjang masa. Jadi, Anda pun tidak perlu repot memikirkan harus mengganti konsep interior hunian Anda setiap tahun. Simak trik berikut ini yuk, agar rumah selalu tampak keren meski tren desain interior berubah setiap tahunnya!
1. Memahami selera pemilik rumah
Sebagai pemilik rumah, tentunya Anda yang berhak menentukan bagaimana konsep hunian yang akan diusung. Mulai dari warna dinding, konsep bangunan, hingga furnitur yang menghias rumah Anda. Beberapa orang tidak menyadari selera yang diinginkan, sehingga terkesan banyak rumah dengan desain “gado-gado” alias campuran dan membuat sang pemilik rumah selalu ingin berganti konsep. Pahami selera hunian yang Anda inginkan, dan kembangkan bersama dengan arsitek kepercayaan Anda.
2. Gunakan warna fleksibel
Mungkin untuk urusan warna dinding bisa dengan mudah Anda ganti setiap tahunnya sesuai keinginan. Namun, pernahkah Anda mencoba menggunakan warna dinding yang fleksibel untuk rumah Anda? Inilah kuncinya agar rumah selalu tampak selalu mengikuti perkembangan setiap tahunnya. Penghematan juga bagi biaya cat dinding yang setiap tahun dikumpulkan bisa sebagai tabungan Anda lho!
3. Hasil cat
Ketika sudah memutuskan konsep dan warna cat yang diinginkan, usahakan untuk menjaga kualitas cat yang digunakan. Ibaratnya, pakailah dana sedikit lebih banyak untuk kualitas cat yang bagus serta menjaganya selalu tampak segar. Bisa dengan memeriksa kelembaban dinding setiap dua bulan sekali dan segera melakukan perbaikan agar kerusakan cat tidak semakin menyebar.
4. Jangan campur tema
Sebagian besar orang terkesan menyukai hunian yang bertema. Namun, kesalahan yang sering dilakukan adalah dengan mengusung berbagai tema dalam rumah mereka. Ketika ruang tamu mengusung konsep klasik misalnya, terkadang kamar mereka justru mengambil tema retro. Inilah yang banyak membuat rumah semakin membosankan. Konsep desain interior rumah yang menggabungkan antara tradisional dan modern lebih disarankan untuk membuat tampilan rumah selalu update.
5. Selalu sedia budget
Memang perkembangan desain interior rumah harus kita perhatikan dari waktu ke waktu. Anda pun tak lantas membutakan mata dari tren interior terbaru bukan? Nah, solusinya adalah tetap menyiapkan budget kecil bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan perubahan atau renovasi minimalis.
Demikian artikel informatif tentang trik agar desain interior rumah selalu tampak baru dan keren meski tidak melakukan perombakan setiap tahun.