Mendesain interior ruangan untuk kantor memang gampang-gampang sulit. Menentukan desain sebuah kantor cenderung memerlukan proses yang lebih rumit dan lebih lama ketimbang menentukan desain interior untuk ruangan di rumah kita sendiri. Hal ini cukup beralasan karena kantor termasuk area publik dan cukup terbuka bagi siapa saja.

Orang-orang yang berada di dalam kantor tersebut terkadang tak hanya berasal dari pegawai kantor itu sendiri, tapi juga dari pihak luar, terutama bila kantor tersebut sedang menerima tamu atau kunjungan dari luar. Konsep desain sebuah kantor harus cukup matang, representatif, dan memperlihatkan profesionalitas dari kantor itu. Maka dari itu, pemilihan konsep atau tema desain interior untuk kantor bukanlah sesuatu yang main-main.

dika2

Kini, sebuah kantor lebih banyak mengaplikasikan desain kantor modern dan minimalis tanpa banyak ornamen-ornamen yang melingkupinya. Desain modern minimalis ini cenderung diterapkan karena desain ini terkesan sederhana, tidak norak, fleksibel, dan lebih terkesan profesional. Tapi, bagaimana bila yang akan kita desain adalah sebuah kantor untuk perusahaan seni yang bergerak di industri kreatif seperti desain visual? Tentu desain kantor yang modern dan minimalis kurang dapat mewakili karakteristik dari perusahaan itu.Karena berbasis seni, kantor perusahaan industri kreatif cenderung ingin menonjolkan sisi artistik dan seni dalam kantor mereka dengan menerapkan desain dan ornamen yang tak biasa. Seperti yang dapat kita lihat dari desain sebuah kantor yang berbasis seni, dimana interiornya terlihat berwarna-warni dan sangat jauh dari kesan modern atau minimalis. Hal ini dapat dimengerti karena orang-orang yang bekerja di dalamnya adalah pekerja seni yang harus memunculkan kreativitas dan ide segar setiap saat.

design-interior-kantor

Dengan desain interior kantor yang unik dan artistik, diharapkan semua pegawai yang bekerja di dalamnya dapat menemukan inspirasi yang membantu kelancaran mereka dalam menumakan ide-ide baru untuk pembuatan sebuah karya seni.

Yang lebih menarik lagi, desain interior kantor ini selain menerapkan banyak penggunaan warna-warna segar, desain ini juga menerapkan teknik Feng Shui, sebuah teknik penataan ruang yang berasal dari China. Meski teknik ini termasuk teknik yang telah berusia tua, namun pengaplikasian teknik Feng Shui masih dapat ditemui di rumah-rumah atau bangunan modern saat ini. Mereka beranggapan bahwa dengan menerapkan teknik Feng Shui pada ruangan atau rumah/bangunan, maka keharmonisan dan keselarasan bangunan tersebut dengan alam akan selalu terjaga.Hal ini selain dapat mendatangkan rejeki dan keberuntungan bagi penghuni rumah/bangunan, juga dapat menciptakan suasana nyaman dan damai pada penghuni ruangan.