Desain interior ruang keluarga harusnya menjadi ruang yang paling personal dan nyaman untuk bersantai setelah kamar pribadi.  Ruang keluarga yang memiliki visual yang baik, rapi, dan bersih dan tentunya nyaman bisa membantu kesehatan mental dan psikologis penghuninya. Sebaliknya, jika ruang keluarga berantakan, tidak hanya mood saja yang terganggu, tetapi hal ini akan memberikan energi negatif pada para penghuninya. Hal ini dikarenakan ruang keluarga merupakan tempat banyak aktivitas terjadi.

Untuk itu, perhatikan 7 hal berikut dalam memutuskan dekorasi interior ruang keluarga!

Untitled-1

1. Koleksi Pribadi sebagai Dekorasi Interior Ruang Keluarga

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ruang keluarga merupakan ruang yang cukup personal dimana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga maupun hobi yang Anda gemari. Untuk itu, berikan ruang untuk koleksi pribadimu pada dekor ruang keluarga. Dengan hadirnya berbagai koleksi personal dalam dekorasi ruang keluarga, tentu atmosfer ruang keluarga manjadi jauh lebih nyaman.

2. Dekorasi Ruang Keluarga dengan Sentuhan personal

Selain koleksi pribadi, menambahkan sentuhan personal juga salah satu cara jitu membuat dekorasi ruang keluarga terasa lebih homey. Sentuhan personal paling sederhana yang bisa diberikan sebagai dekorasi ruang keluarga adalah koleksi bingkai foto dirimu dan keluarga. Jika Anda memiliki bakat seni, menjadikan ruang keluarga sebagai galeri seni pribadi juga bukan ide yang buruk.

3. Sofa untuk Dekorasi Ruang Keluarga

Sofa sudah jadi hal wajib yang ada di ruang keluarga. Pastikan sofa yang dipilih sebagai dekorasi ruang keluarga adalah yang paling nyaman. Sofa bed bisa jadi alternatif pilihan sofa yang nyaman karena fleksibilitasnya untuk digunakan duduk ataupun berbaring. Untuk dekorasi ruang keluarga yang mungil, menempatkan set sofa menempel pada dinding memang cara paling jitu untuk memperluas ruang gerak pada ruang.

Salah satu dekorasi interior ruang keluarga yang biasanya melengkapi sofa adalah bantal. Menambah bantal pada sofa bisa meningkatkan rasa nyaman sofa tersebut.  Selain itu, beberapa perabot lain yang bisa melengkapi set sofa yang Anda miliki dapat beragam, tergantung kebutuhan dan luas ruangan yang Anda miliki. Menambahkan side table atau coffee table biasanya sudah menjadi keharusan.

Untitled-1

4. Karpet yang nyaman

Untuk menambah rasa nyaman, dekorasi interior ruang keluarga pada bagian lantai biasanya dilengkapi lagi dengan karpet. Karpet dengan ukuran yang lebih kecil dari set sofa bisa memberikan visual yang tidak proporsional pada dekorasi ruang keluarga. Pastikan karpet paling tidak memiliki luas sama atau sedikit lebih luas dari set sofa. Karpet yang luas juga akan memberika efek visual yang lebih luas terhadap ruangan.

5. Tambahan Pencahayaan

Agar aktivitas di ruang keluarga maksimal, pencahayaan pada ruangan ini pun harus ditata dengan semaksimal mungkin.

Gunakan lampu utama dengan cahaya yang mampu merata keseluruh ruangan. Pilihan lampu plafon atau lampu gantung tidak jadi masalah. Namun, untuk lampu gantung pastikan ketinggian lampu tidak terlalu rendah.

Untuk sudut-sudut ruang yang masih gelap, kamu bisa tambahkan lamputambahan lewat standing lamp atau lampu dinding. Agar tidak menyilaukan mata, letakan lampu dinding sedikit lebih tinggi dari garis pandangmu. Lampu baca juga bisa jadi dekorasi ruang keluarga yang pas untuk kamu yang memiliki hobi membaca.

Tambahan spotlight pada ceiling yang menyorot pada koleksi pribadi hingga sentuhan personalmu juga akan memberikan kesan dramatis yang akan membuat dekorasi ruang keluarga jadi jauh lebih menarik dan menyenangkan.

6. Penghijauan pada Dekorasi Ruang Keluarga

Sudah sepantasnya ruang keluarga membantumu merasa rileks dan menjadi tempat melepas rasa kepenatan. Salah satu elemen dekoratif yang bisa membantumu memaksimalkan fungsi ini pada ruang keluarga adalah tanaman. Menghadirkan tanaman sebagai dekorasi ruang keluarga memang dipercaya bisa memberikan rasa rileks. Terutama tanaman hidup yang akan membuat sirkulasi dan kelembaban udara di dalam ruang menjadi lebih baik.

Menurut penelitian dari Journal Environmental Psychology, tanaman dengan bunga seperti Anturium dipercaya dapat menurunkan tingkat stres. Selain itu, ada beberapa tanaman lain dengan fungsi-fungsi khusus; seperti Sansevieria atau yang dikenal juga dengan nama lidah mertua dengan kemampuannya menyerap radiasi dari perangkat elektronik seperti TV dan smartphone-mu.

Tanaman kecil seperti kaktus atau bambu hias juga bisa menjadi pilihan dekorasi ruang keluarga yang mungil dengan menempatkannya pada side table atau coffee table. Menarik untuk dicoba pada dekorasi ruang keluarga, bukan?

7. Ingin Menambah TV, Pastikan Ukuran yang Sesuai!

Salah satu perangkat elektonik yang biasanya wajib ada pada dekorasi ruang keluarga adalah TV. Namun, kamu nggak bisa sembarang memilih TV untuk ruang keluarga.

Pastikan ukuran TV sesuai dengan ukuran dan jarak dari sofa yang kamu miliki. Untuk sofa yang berjarak diatas 2 meter, gunakan TV dengan ukuran 40’ – 50’ agar kegiatan menonton jadi lebih nyaman. Untuk sofa yang berjarak lebih dari 3 meter, TV berukuran 60’ akan terasa lebih pas.Jika TV millikmu diletakkan diatas meja TV, pastikan juga ukuran panjang meja TV proporsional. Sederhananya, untuk membuat meja TV terasa proporsional, panjang dari meja TV harus 1,5x lebih panjang dari ukuran TV. Hindari juga meja TV yang terlalu tinggi agar menonton TV tetap terasa nyaman pada jarak pandangmu.