Jika Anda mulai merasa bosan dengan tampilan rumah yang ditata standar, mungkin kini saatnya mengubah tampilan rumah. Tak perlu khawatir jika luas rumah Anda terbatas. Banyak cara untuk membuat rumah minimalis Anda menjadi lebih istimewa.

contoh-interior-rumah-minimalis-1

(Baca juga Tampil Cantik dengan Abu-Abu)

Kuncinya lakukan penataan yang tepat. Desain minimalis bisa menjadi pilihan yang tepat untuk rumah mungil Anda. Selain simpel, gaya minimalis tak membutuhkan banyak perabot sehingga membuat rumah Anda menjadi tampak lebih luas. Berikut adalah cara tepat menata rumah minimalis.

1. Pilih cat yang tepat

Jika Anda memiliki rumah minimalis, hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu memilih cat dinding yang tepat. Warna putih dan cerah akan membuat ilusi luas pada sebuah ruang dan sejuk. Namun Anda harus pertimbangkan soal penerangannya.

Cat putih akan sempurna untuk rumah minimalis jika rumah dilengkapi dengan penerangan yang baik. Sebaliknya, jika penerangan rumah redup dan temaram, dinding putih akan memantulkan bayangan yang membuat ruang suram dan kotor.

Selain putih Anda bisa memanfaatkan warna lain seperti krem atau pastel. Warna-warna ini akan terlihat terang jika terkena pantulan cahaya lampu.

(Baca juga Penataan Ruang Tamu Sehat)

model-desain-interior-rumah-minimalis

2. Penempatan furnitur besar

Meletakkan satu furnitur besar di dalam rumah akan lebih baik dibanding meletakkan furnitur-furnitur berukuran kecil dalam jumlah yang banyak. Meletakkan banyak furnitur pada rumah minimalis akan membuat hunian semakin terlihat sempit.

Anda bisa memilih sofa besar untuk diletakkan di ruang tengah. Tambahkan alas karpet berukuran besar, lampu gantung besar, lukisan besar. Semakin sedikit perabot yang ada di hunian Anda akan lebih baik. Sedikit perabot bukan berarti tidak punya nilai estetik, loh!

3. Penambahan cermin

Cermin sangat ampuh membuat ilusi luas sebuah ruang. Tambahkan cermin besar di beberapa sudut ruang atau di belakang furnitur sehingga rumah terlihat luas. Cermin juga berfungsi sebagai pemantul cahaya.

Cahaya yang dipantulkan oleh cermin akan menciptakan cahaya alami yang membuat ruang terlihat lebih terang.

4. Bukaan besar

Buatlah bukaan besar di sekitar rumah Anda. Anda bisa membuat bukaan di sekeliling ruang keluarga yang langsung menghadap ke arah taman. Semakin banyak bukaan di dalam hunian akan semakin baik.

Selain membuat sirkulasi udara lancar, bukaan besar juga membuat pandangan lebih luas sehingga hunian terkesan lebih luas. Banyaknya bukaan juga membuat rumah minimalis tak sumpek.

5. Furnitur minimalis dan multifungsi

Untuk mendekorasi rumah minimalis gunakan furnitur bergaya minimalis pula. Furnitur minimalis memiliki model yang simpel dengan garis tegas. Furnitur minimalis juga membuat tampilan rumah clean dan rapi sehingga rumah yang minimalis terlihat lega.

Selain itu pilih juga furnitur yang multifungsi, misalnya bangku yang memiliki ruang penyimpanan di bawah bantalan sofanya, tempat tidur dengan laci penyimpanan, dan sebagainya. Ini akan membuat rumah selalu terlihat rapi tanpa banyak barang berserakan.