Banyak cara bisa dilakukan untuk memperindah rumah. Salah satunya adalah dengan ide relung pada dinding rumah. Selain dapat mempercantik rumah dan terlihat kreatif, ide relung pada dinding rumah juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan.

Pada awalnya dalam arsitektur klasik, relung biasanya digunakan untuk menyimpan patung-patung atau gambar religius. Namun konsep ini kemudian digunakan juga dengan tujuan dekoratif untuk memperindah rumah.

Untitled-1

Pengaplikasian ide relung pada dinding rumah juga tak melulu hanya pada satu atau dua bagian rumah saja, namun bisa diaplikasikan pada banyak bagian rumah untuk mengisi kekosongan.

Relung Pada Ruang Tamu atau Ruang Keluarga

Salah satu ruangan yang paling besar dan begitu penting di dalam sebuah rumah, biasanya adalah ruang tamu serta ruang keluarga. Oleh karena itu penataannya pun begitu diperhatikan. Dalam memaksimalkan fungsi ruang agar terlihat cantik dan efektif, ide relung pada dinding rumah juga bisa diaplikasikan di ruang tamu atau ruang keluarga. Televisi bisa ditempatkan pada tengah salah satu relung kosong yang cukup besar di ruangan tersebut. Selain tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli meja, ide relung ini juga bisa berguna untuk meminimalisir perabotan yang akan membuat ruangan terasa penuh.

Relung Pada Dinding Kamar Mandi

Ide relung pada dinding kamar mandi akan membuat kamar mandi terlihat lebih elegan dan rapi. Fungsi relung tersebut bisa dimanfaatkan untuk peletakan handuk, sabun serta kebutuhan mandi lainnya agar lebih mudah dijangkau. Desainnya yang berada lebih dalam dari garis dinding, akan membuat benda-benda yang berada di dalam relung tersebut lebih terlindung dari cipratan air sehingga tetap kering.

Relung Dengan Memanfaatkan Furnitur

Untitled-1

Apabila dinding rumah sudah terlanjur didesain tanpa relung, Anda tetap bisa memanfaatkan ide relung dengan menggunakan furnitur yang mempunyai banyak slot agar lebih fungsional. Tak hanya buku, pigura foto, guci, kerajinan tangan, atau berbagai macam barang lainnya pun bisa ditempatkan pada relung-relung ini. Jika tak ingin memakan banyak tempat, relung furnitur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sekat pembatas antara satu ruang dengan ruang lainnya. Agar terkesan lebih mewah dan artistik, relung furnitur tersebut juga bisa dihias dengan lampu yang pencahayaannya disesuaikan dengan kondisi ruangan.

Relung Gaya Klasik

Mendesain interior rumah agar tidak monoton, desain ide relung pada dinding rumah dengan gaya klasik juga bisa diterapkan. Relung dinding dapat dibuat dengan bentuk busur setengah lingkaran seperti awal mula relung dinding muncul. Desainnya pun bisa menggunakan konsep dengan bata ekspos atau unsur kayu. Gaya klasik seperti ini juga akan memberi efek hangat dan tentram pada ruangan.

Relung Gaya Modern

Konsep modern juga bisa diterapkan untuk ide relung pada dinding rumah dengan membuat relung pada dinding yang menjadi sekat ruangan. Dengan sentuhan modern ala desain rumah minimalis, ditambah warna cerah, dapat membuat relung dinding menjadi lebih menyatu dengan konsep ruangan. Relung dinding juga bisa dimanfaat untuk meja kerja, tempat menaruh vas atau hiasan lainnya dengan tambahan lampu hias agar semakin hidup.

Relung Pada Lorong

Ide relung pada dinding rumah juga bisa diterapkan pada lorong-lorong rumah. Lorong rumah yang tadinya terkesan monoton dan polos, dapat didesain menjadi lebih indah dan artistik. Ide relung dinding ini juga bisa diterapkan pada dinding tangga. Vas bunga, buku, atau benda-benda lainnya dapat mengisi kekosongan relung-relung ini dengan ditata cantik dan rapi.

Penerapan ide relung pada dinding rumah memang cukup unik dan penuh kesan artistik, jadi sayang untuk dilewatkan bukan?