Desain Interior ala Skandinavia yang menonjolkan perpaduan antara kesederhanaan dengan fungsi akhir-akhir ini menjadi salah satu gaya favorit banyak orang untuk mendesain ruangan, baik untuk rumah maupun kantor. 

O2sMDydkajAKamdkixtLV6b96sV9yUtZ

(Baca juga Desain Ruang Laudry Minimalis)

Sebenarnya gaya Skandinavia ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930-an dan sudah dikenal banyak orang pada tahun 1970-an. Kesan yang minimalis dan bersih merupakan alasan banyak orang menggunakan gaya Skandinavian ini. Dan jika Anda baru saja mulai mengisi barang-barang di rumah baru, gaya desain interior ini mudah diterapkan. Rumah lama tentunya juga bisa mengaplikasikan gaya interior ala Skandinavia ini. Simak tips berikut ini.

 

1. Lantai Rumah

Salah satu yang ditonjolkan dalam desain ala Skandinavia adalah penggunaan material yang alami. Anda bisa menggunakan kayu untuk bagian lantai. Penggunaan karpet tidak direkomendasikan. Namun apabila Anda tetap ingin menggunakannya, pilih karpet dengan ukuran kecil dan warna netral.

(Baca juga Tips Memilih Warna Dapur)

2. Pilihan Warna

Warna adalah salah satu faktor penting dalam menerapkan desain Skandinavia. Pilih warna netral dan ringan seperti warna putih atau pastel. Namun jika tidak ingin menggunakan warna putih, Anda bisa menggunakan warna biru muda atau pink yang lembut. Pemilihan warna ini dimulai dari benda yang kecil seperti bantal kursi.

3. Meletakkan Karya Seni

Meletakkan sebuah karya seni adalah sebuah hal yang krusial dalam gaya desain Skandinavia. Anda bisa pilih dalam berbagai ukuran mulai dari ukuran yang kecil hingga besar. Desain Skandinavia selalu menonjolkan garis yang simetris sehingga menempatkan karya lukisan dalam sebuah bingkai hitam adalah ide yang sangat bagus.

4. Tonjolkan Bentuk Geometri

Salah satu keunikan dari gaya Skandinavia adalah desain yang terstruktur dan menonjolkan bentuk-bentuk geometri seperti lingkaran dan segi empat. Hal ini juga berlaku ketika Anda memilih perabotan untuk di dalam rumah. Gunakan cermin di kamar mandi yang memiliki bentuk lingkaran atau meja makan yang berbentuk persegi panjang.

5. Perabotan Dual Fungsi

Dalam menerapkan gaya Skandinavia, pemilihan perabotan harus dilakukan dengan seksama karena paling tidak harus memiliki dua hal yaitu ringan dan multifungsi. Di ruangan Anda yang sudah minimalis, tidak perlu memiliki banyak perabotan misalnya pilih kursi dengan desain yang unik agar terlihat menonjol.

(Baca juga Tips Memperindah Tampilan Teras Rumah)

6. Berikan Tanaman di Dalam Ruang

Agar ruangan di rumah menjadi tampak lebih hidup, hadirkan sesuatu yang hijau dan segar. Tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan direkomendasikan karena menghadirkan perasaan nyaman di dalam rumah. Selain itu, warna hijau dan coklat dari batang tanaman juga dapat mempercantik dinding ala Skandinavia Anda yang berwarna netral.

7. Utamakan Tampilan Minimalis

Ketika berbicara tentang desain ala Skandinavia, salah satu hal yang ditonjolkan adalah desain interior ruangan yang sederhana serta tersusun rapi. Dekorasi yang digunakan di dalam rumah biasanya hanya benar-benar yang memiliki fungsi. Singkirkan barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan di rumah.