Setiap ruang dalam hunian tidak selalu harus dipisahkan tembok. Untuk kesan lebih menyatu atau lebih luas, setiap ruang bisa dibatasi dengan sekat-sekat ruang. Namun, pemilihan sekat ruang akan mempengaruhi hasil akhir yang ada.

Tidak heran kebanyakan orang tidak tanggung-tanggung saat merancang sekat ruangan dengan menggunakan material mahal seperti kaca, besi, atau yang lainnya. Dengan sedikit kreativitas, inilah berbagai pilihan desain sekat ruangan yang bisa dipilih!

Desain Sekat Ruang dari Batang Bambu

Untuk menghidupkan kesan natural, batang bambu bisa menjadi alternatif pilihan sebagai material sekat ruang selain dahan pohon.  Kombinasikan sekat ruang ini pada ruang bergaya interior oriental untuk keserasian visual yang menarik. Interior bergaya natural juga bisa jadi alternatif pas untuk menghadirkan sekat ruang seperti ini.

Sekat Ruangan Natural dengan Dahan Pohon

Anda bisa menyusun rapat dahan-dahan ramping pada pot tanaman panjang sehingga memberikan kesan lebih privat antar ruang. Untuk kesan lebih terbuka, Anda bisa memanfaatkan dahan pohon yang lebih besar dan menatanya lebih longgar sebagai sekat ruangan. Sekat ruangan dari dahan pohon seperti ini bisa jadi pilihan untuk ruang-ruang yang memiliki gaya natural. Berikan lampu atau pencahayaan dari bagian bawah, sehingga bayangan dan cahaya yang dihasilkan menjadi lebih dinamis karena formasi organik dari dahan pohon.

Kreasikan Potongan Pipa Paralon untuk Sekat Ruangan

Untuk sekat ruang yang rapat, Anda bisa menggunakan potongan pipa paralon berdiameter kecil. Potongan pipa paralon dengan diameter yang besar bisa digunakan untuk sekat ruangan yang lebih terbuka. Mengkombinasikan berbagai ukuran pipa paralon juga bisa jadi salah satu cara menghadirkan sekat ruangan yang modern dan dinamis. Tidak hanya membuat ruangan lebih estetis, sekat ruangan dari paralon juga sangat mudah dibuat dan tentunya tidak memerlukan biaya yang banyak.

Box Kayu sebagai Sekat Ruang Praktis

Salah satu cara mudah dan praktis untuk menghadirkan sekat ruangan yang praktis adalah dengan menggunakan box kayu yang disusun menjadi lemari atau kabinet. Tidak hanya menjadi sekat ruang, box kayu ini bisa menjadi lemari atau rak kabinet multifungsi. Mulai dari rak buku hingga rak pajangan dimana bisa letakkan berbagai pajangan dan juga foto-foto kenangan bersama keluarga.

Sekat Ruangan dari Tanaman Gantung

Memberikan tanaman gantung atau sebuah taman vertikal tidak hanya menghadirkan suasana segar pada ruangan, tapi juga bisa menjadi sekat ruang yang menarik. Untuk sekat ruang yang lebih privat, Anda bisa memanfaatkan tanaman rambat sehingga daunnya bisa menjadi sekat ruang yang lebih tertutup.

Tirai Dekoratif sebagai Sekat Ruang Fleksibel

Cara sederhana untuk memisahkan fungsi ruang adalah dengan memanfaatkan tirai dan gorden sebagai sekat ruang. Kombinasikan warna serta lapisan atau layering tirai agar bisa menghadirkan sekat ruangan yang tetap terlihat mewah meski tidak menguras banyak biaya.

Partisi dari Bingkai Jendela Bekas

Kreativitas tingkat tinggi bisa mengubah barang yang tak berguna lagi menjadi barang yang lebih bermanfaat. Seperti bingkai jendela yang sudah tak terpakai dan disulap menjadi sekat ruang ini. Sekat ruang dari bingkai jendela bekas ini memberikan kesan tetap terbuka namun tetap memberi batas dari fungsi setiap ruang.

Sekat Ruang Sederhana lewat Rangka Kayu

Terkadang tidak perlu menggunakan banyak material mahal dan rumit untuk membuat sekat ruang yang baik dan menarik. Memanfaatkan papan kayu sederhana dan merangkainya menjadi rangka yang dijadikan sekat ruangan. Meski memiliki kesan yang lebih terbuka dan sederhana, sekat ruang ini bisa jadi pilihan untuk ruang-ruang yang masih berada di area publik hunianmu. Berikan sedikit dekorasi pada rangka kayu seperti vas tanaman kecil sehingga sekat ruang terlihat lebih hidup.