Bagi Anda yang senang memasak dan menginginkan tampilan dapur sophisticated dengan desain interior yang simple dan bersih, gaya scandinavian mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkan impian Anda. Gaya scandinavian identik dengan banyak bukaan jendela, konsisten dengan warna putih dan penggunaan furnitur yang clean cut cocok dengan Anda yang menginginkan tampilan kitchen bersih namun tetap terlihat mewah dan indah.
Bagi Anda yang tinggal di apartemen dan memiliki ukuran dapur tidak terlalu besar, gaya interior skandinavia bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Gaya Desain yang ringan, terang dan simple
Gaya desain skandinavia merujuk kepada konsep desain interior yang berasal dari beberapa Negara Nordic, seperti Denmark, Norwegia, Swedia, Islandia dan juga GFinlandia.
Seiring waktu, konsep desain ini terus mengalami perkembangan. Dimulai dari skandinavia kuno, tradisional, modern dan yang paling banyak diminati saat ini adalah skandinavia kontemporer. Konsep interior skandinavia hadir dengan gaya yang ringan, terang dan juga simpel. Gaya desain interior ini sangat cocok digunakan untuk hunian-hunian berukuran kecil, baik itu apartemen tipe studio, ataupun jenis rumah tapak mungil.

Dominasi warna putih
Ciri khas desain interior skandinavia adalah dominasi warna putih. Artinya, meski Anda coba untuk memadukan dengan warna coklat ataupun warna-warna lainnya, putih akan tetap menjadi warna yang mendominasi. Meski begitu, Anda tetap bisa mengombinasikan warna putih dengan warna lain sebagai pemanis.
Saat ini sudah banyak berkembang penggunaan warna netral lain yang lebih cerah. Hal ini bertujuan untuk membuat ruangan terasa lebih luas, cerah, dan memberikan suasana yang lebih hidup.
Warna-warna natural ini telah menjadi trademark tersendiri dari desain Scandinavia dan menjadi salah satu daya tarik utama. Pada tahun 40-an ide untuk bereksperimen dengan warna telah diperkenalkan oleh Josef Frank dan dilanjutkan pada era 60-an yang diawali oleh Marimekko, di mana ia lebih berani menggunakan warna-warna yang terang dan ornamen yang cerah.

Desain dapur ala Skandinavia Luas & cantik sekaligus
Interior dapur ala skandinavia memiliki penampilan yang sederhana dengan susunan rak-rak atau kitchen cabinet yang juga simpel.
Tak ada banyak perabotan, desain yang simpel dan tidak berlebihan, sehingga tampak rapi dan sangat minimalis. Dapur dengan gaya desain interior khas Nordic ini terasa sangat lapang dan gaya.

Memasukan unsur atau aksen warna-warna favorit
Memiliki ruangan dengan dominasi warna putih bisa memudahkan Anda berkreasi dengan unsur atau aksen warna lain.

Menggunakan Material kayu

Kayu merupakan material yang sering digunakan sebagai bahan utama dalam membangun sebuah rumah dengan gaya desain Scandinavia. Bukan hanya untuk bangunan rumah, kayu juga mendominasi furniture dan lantai yang digunakan pada rumah dengan desain ini. Kayu biasanya digunakan sebagai material untuk atap dan dinding rumah. Kayu dapat memberikan kesan hangat, homey, dan alami untuk rumah pribadi.
Material kayu yang digunakan biasanya tidak di-finishing. Kayu lebih baik dibiarkan alami, asli, tidak dipoles, sehingga penghuni rumah dapat menikmati keindahan yang terdapat dalam material kayu. Pada desain interior gaya Scandinavia, material kayu biasanya dipadukan dengan warna-warna yang lembut, monokrom dan tidak mencolok.

Sedikit simpulannya, desainĀ  dapur skandinavia adalah salah satu konsep desain interior dapur terbaik saat sekarang. Meski dengan ukuran yang tidak ideal, tidak terlalu luas, area dapur juga bisa didandani sebaik-baiknya agar memiliki penampilan yang benar-benar terlihat sangat cantik. Dan hal terbaik dari dekorasi dapur semacam ini adalah ia tidak sama sekali menghilangkan fungsi. Justru sebaliknya, dapur mungil juga bisa terlihat sangat gaya serta fungsional sekaligus.