Ruang keluarga adalah salah satu ruangan yang selalu menjadi favorit di dalam sebuah rumah. Ini dikarenakan ruangan ini berfungsi sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Bisa juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan para tamu atau kerabat. Berikut tips desain ruang keluarga sempit :

1. Sedikit elemen sederhana

Dinding bernuansa netral dapat dipadukan dengan furnitur beraksen sederhana dan goresan tangan monokrom.

2. Panel kayu

Paduan dinding putih dan panel kayu menghasilkan suasana hangat dan menyenangkan. Pasti nyaman digunakan untuk berkumpul bersama kerluarga

2

3. Cermin

Cermin bisa membuat ruang keluarga sempit tampak lebih luas dan cerah. Pantulan warna dinding akan menghadirkan vitalitas dan kesan dinamis pada ruangan.

4. Dinding putih dan jendela besar

Warna putih meningkatkan persepsi terhadap luas sebuah ruangan. Ruang tamu ini adalah contoh sempurna.

5. Gaya rustic

Terapkan gaya rustic jika ruang keluarga dikelilingi taman asri, atau panorama yang indah. Mengapa? Ini karena gaya rustic dapat menjaga keterkaitan antara suasana di dalam dan di luar ruangan.

6. Warna kuning

Pilihan warna yang tepat bisa membawa suasana segar dan ceria di ruang keluarga. Apalagi jika menggunakan warna kuning untuk sofa dan kursi berlengan, seperti pada gambar ini.

7. Furnitur multifungsi

Inilah solusi terbaik buat mengatasi masalah keterbatasan ruang. Kursi ottoman bisa digunakan sebagai meja, kursi, atau tempat meluruskan kaki. Kita tak perlu lagi memenuhi ruangan ini dengan furnitur lainnya.

8. Terhubung dengan ruangan lain

Partisi kayu berfungsi sebagai pemisah ruangan. Namun elemen ini tidak menghalangi pandangan ke ruang di sebelahnya. Cahaya dan sirkulasi udara pun jadi lebih merata, membuat ruangan jadi lebih nyaman dan menyehatkan.

9. Karpet yang tepat

Karpet adalah cara ideal untuk menekankan personalitas dan keanggunan di ruang keluarga, sekaligus memisahkan ruang secara tak kentara.

Untitled-1

10. Rak dinding

Rak dinding adalah juga solusi jenius untuk mengatasi masalah keterbatasan ruang. Letakkan pernak-pernik di dalamnya sebagai sentuhan pribadi.

11. Pencahayaan dan suasana

Tata lampu selalu berhasil menghadirkan nuansa berbeda bagi sekitarnya. Sofa kadang bikin repot karena membuat ruangan sempit jadi lebih sempit. Para desainer telah merancang sofa yang bisa membantu Anda mengatasi masalah ini. Sofa dengan laci besar di bagian bawah untuk menyimpan barang.

12. Furnitur minimal

Pilihlah furnitur minimalis dan hindari furnitur dengan detil berlebihan. Tujuannya agar ruang keluarga tetap terkesan lapang.

13. Pencahayaan sempurna

Inilah langkah signifikan untuk ruang keluarga yang sempit. Tata cahaya yang tepat dapat mengubah suasana ruangan menjadi lebih hidup dan bersahabat.

14. Langit-langit tinggi

Langit-langit tinggi adalah satu trik yang bisa membuat ruangan apapun terkesan lebih luas dan anggun.

15. Efek warna

Efek perspektif dapat diperoleh dengan mengkombinasikan beberapa warna senada, atau pasangan warna yang tepat. Ini dapat mempengaruhi kualitas keluasan ruangan secara substansial dalam hal kedalaman.

16. Furnitur kulit

Furnitur kulit akan menghadirkan tampilan klasik di ruang keluarga. Sesuai untuk mereka yang menyukai desain interior yang elegan.