Konsep hunian yang ramah lingkungan saat ini menjadi tren desain interior yang sedang memenuhi setiap sudut ruangan di rumah. Mungkin sudah banyak dari kita mengetahui bahwa desain interior yang ramah lingkungan dapat menggunakan unsur tropis atau penambahan tumbuhan ataupun aksen hewan melalui berbagai bentuk.

Pengertian desain interior tropis sudah tidak asing lagi di dengar oleh sebagian masyarakat kita. Dari segi namanya sudah dapat di bayangkan tema tropis merupakan perpaduan warna alam dan unsur yang melekat di dalamnya merupakan kombinasi hijau, cokelat dan warna abu- abu seperti halnya unsur alam. Bentuk aplikasi nya dapat bermacam macam mulai dari lukisan flora fauna, tanaman hias yang diletakkan di sudut meja, tanaman bonsai yang bisa menjadi Point of view sebuah interior ruangan. Pemilihan aksen yang tepat merupakan sebuah bentuk hasil kerjasama antara desain interior yang berpengalaman dan keinginan konsumen yang jelas.

Tema tropis sendiri sekarang mulai banyak di gemari oleh masyarakat baik untuk interior hunian maupun café- café yang sangat menjamur di kota- kota besar. Tema tropis sendiri pastinya mengandung banyak unsur warna hijau untuk menggambarkan sebuah kesejukkan dan kesegaran seperti di alam bebas, tampilan hunian akan kian sedap di pandang dan menciptakan suasana yang bersemangat.

Selanjutnya bagaimana kita mengkombinasi sebuah hunian agar dapat tercipta sebuah hunian dengan nuansa tropis yang nyaman. Kami mencoba berbagi pengalaman kami. Hal utama dapat kita lakukan dengan memberi nuansa hijau muda atau hijau lumut pada element dinding, selain menggunakan cat penggunaan wallpaper bergambar daun- daun hijau juga sudah memberikan efek yang kuat dalam tema interior tropical, tetapi dalam menggunakan warna hijau kita juga harus dapat seimbang seperti di padukan dengan warna putih agar lebih netral dan ruangan tidak terlihat sempit dan gelap.

Untuk material lantai kita dapat menggunakan warna-warna cokelat gelap atau warna cokelat bata, penggunaan warna ini bertujuan untuk menciptakan kesan beralaskan tanah seperti di alam. Penggunaan lantai kayu akan terlihat lebih sempurna. Berikutnya dalam segi furniture di dalam ruangan, tema tropical sendiri bisa menggunakan sofa-sofa besar dengan warna polos dan berwarna hijau pastel di padukan dengan cushion yang bergambar dan masih menggandung unsur tropical dengan gambar tanaman, buah nanas atau bergambar flamingo, jika ingin lebih elegant cushion dapat di padukan dengan warna emas dan cream.

Dalam tema tropical warna yang cenderung memperkuat adalah warna hijau dan cokelat, biasanya untuk plafon ruangan dapat menggunakan kisi kisi kayu yang terlihat mentah dan berbentuk balok- balok besar sehingga kesan kuat dan kokoh dapat kita nikmati pada aksen plafon dalam ruangan. Tema tropical sendiri akan lebih sempurna bila di letakkan di area yang memiliki plafon tinggi dan banyak bukaan sehingga udara dapat masuk dengan leluasa dan efek hembusan angin bisa terasa kuat dalam ruangan, unsur air juga dapat di padukan dalam ruangan, membuat kebuah kolam kecil dan terdapat efek gemericik air akan membuat suasana semakin rilex dan tenang, unsur tropical sendiri selain di ciptakan dengan interior juga dapat di masukkan unsur tanaman hias ke dalam hunian kita seperti halnya peletakan tanaman hias di setiap sudut- sudut ruangan dan di tambah dengan element batuan akan semakin memperkuat tema tropical.