Sebuah desain kamar tidur harus memiliki suasana yang nyaman dan penuh privasi agar penghuninya bisa beristirahat dengan tenang. Selama ini banyak orang menganggap kamar yang nyaman adalah kamar yang besar karena bisa menampung banyak furnitur pendukung dan dekorasi. Padahal, kamar tidur sempit juga bisa dibuat nyaman asalkan Anda tahu cara menghias kamar tidur yang sempit tersebut.

Bagi Anda yang memiliki kamar tidur sempit dan bingung bagaimana harus menghiasnya, simak cara menghias kamar tidur berikut !

1. Desain kamar tidur sempit memakai warna cerah

mainbed1

Penggunaan warna-warna cerah terbukti dapat membuat ruang sempit terlihat lebih luas. Anda bisa menggunakan warna cerah pada bagian dinding, lantai, beberapa furnitur, bahkan untuk selimut atau sprei. Bahkan, Anda bisa mengaplikasikannya lewat warna cat kamar juga!

2. Memanfaatkan penerangan alami dan buatan

Selain memanfaatkan warna-warna cerah di dalam kamar sempit, Anda bisa menghias kamar tidur yang sempit menggunakan penerangan. Memanfaatkan sinar matahari yang masuk melalui jendela, selain kamar terlihat lebih terang, sinar matahari bisa menghilangkan kelembapan dalam kamar tidur. Jika kamar tidur tidak memiliki jendela, Anda bisa menggunakan beberapa lampu yang sifatnya indirect.

3. Menggunakan cermin supaya kamar terlihat lebih luas

ka2

Penggunaan cermin bisa menciptakan ilusi mata dan kamar tidur sempit terlihat lebih luas. Cara menghias desain kamar tidur yang sempit menggunakan cermin bisa diterapkan dalam berbagai bentuk. Cermin dengan bingkai berukuran besar akan cantik digantungkan di atas tempat tidur dan digunakan sebagai pengganti headboard. Cermin bisa juga digunakan sebagai pelapis pintu lemari baju. Untuk model ini, mungkin Anda harus membuat lemari custom khusus agar ukurannya sesuai dengan luas kamar tidur.

4. Menggunakan tempat penyimpanan bawah ranjang

Kamar tidur sifatnya penuh privasi bagi si penghuni. Otomatis, semua barang-barang milik penghuni akan diletakkan di dalam kamar tidur. Daripada menggunakan lemari besar, Anda bisa memanfaatkan area bawah ranjang. Cara menghias kamar tidur yang sempit dengan menggunakan tempat penyimpanan bawah ranjang ini bisa dilakukan dengan memesan ranjang tidur builtin. Bentuknya bisa berupa laci atau rak kecil.

5. Menghias kamar tidur yang sempit dengan meja rias sekaligus nakas

Cara menghias kamar tidur yang sempit berikutnya dengan furnitur multifungsi adalah menggunakan meja rias sebagai nakas. Letakkan meja rias ini di dekat tempat tidur sehingga Anda bisa memanfaatkannya sebagai nakas juga.

6. Memanfaatkan floating shelves atau rak melayang

Revisi1-V1

Cara menghias kamar tidur sempit dengan rak melayang jelas lebih efisien dibandingkan dengan rak biasa. Rak biasa akan membutuhkan lebih banyak ruang di bagian bawah, sedangkan rak melayang bisa diletakkan di bagian atas dinding dan bagian bawahnya diisi dengan furnitur lain.

7. Memasang jenis tirai yang tepat

Tirai yang tepat untuk kamar tidur sempit harus diperhatikan dengan baik. Menghias kamar tidur yang sempit menggunakan tirai selain memilih warna yang cerah, Anda harus menggantungnya dengan tepat. Gantungkanlah tirai dari sisi paling atas hingga menjuntai ke lantai meski jendelanya berukuran kecil. Selain itu, pilih juga jenis tirai atau gorden jendela yang pas untuk ukuran kamarmu. Dengan cara menghias kamar tidur yang sempit ini bisa membuat langit-langit kamar yang rendah terlihat lebih tinggi. Bila perlu, kamu bisa memilih tirai dengan motif garis vertikal agar ilusi yang tercipta lebih sempurna.

8. Membangun mezzanine di dalam kamar

Mezzanine adalah sebuah ruang atau lantai tambahan yang berada di antara lantai dan langit-langit suatu ruangan dengan konsep semi terbuka. Cara menghias kamar tidur yang sempit dengan membangun mezzanine ini memungkinkan Anda untuk memiliki area tambahan di bawah tempat tidur.