Memiliki ruang bermain atau playroom di rumah adalah salah satu hal penting yang harus disiapkan orangtua yang memiliki anak balita. Ruang bermain yang dirancang secara baik bisa merangsang tumbuh kembang anak secara maksimal.

b2e11a1a0422cbcd_0803-w550-h440-b0-p0--traditional-kids

Kendati demikian, masih banyak orang tua yang bingung mendesain playroom yang praktis dan fungsional di tengah ukuran rumah yang terbatas. Tips dan ide mendesain playroom yang kreatif dan fungsional di rumah.

(Baca juga Tips Desain Rumah Sempit Mewah)

  1. Manfaatkan area sisa

Mungkin awalnya Anda berpikir bahwa playroom harus didesain di sebuah ruang kosong. Padahal playroom yang ada di ruang terbuka akan memudahkan orang tua mengawasi gerak gerik si kecil.

Coba temukan area sisa yang ada di rumah Anda. Misalnya sudut ruang tamu atau area kosong di bawah tangga. Tata rapi perabot dan mainan si kecil supaya ia merasa nyaman bermain disana.

2. Memilih perabot fungsional

Seiring dengan bertambahnya usia, si kecil akan tumbuh besar dan membutuhkan perabot yang mendukung “pertumbuhannya”. Daripada membeli sofa kecil berulang kali, lebih baik Anda berinvestasi pada bean bag atau sofa bantal yang nyaman diduduki semua usia.

Sementara itu, hindari membeli perabot dengan karakter animasi sebab selera anak akan cepat berubah. Pilihlah perabot polos dengan warna-warni cerah atau pastel.

(Baca juga Cara Mendesain Dapur dengan Dana Terbatas)

  1. Memajang buku agar tampil menarik

Era digital memberi tantangan orangtua untuk melatih anak-anaknya senang membaca buku. Dengan membiasakan anak membaca buku sejak dini, diharapkan mereka bisa menjadi pribadi yang gemar membaca. Salah satu caranya adalah dengan membuat display rak buku yang menarik.

Tata buku di lokasi yang mudah dijangkau dan terlihat menarik untuk diambil. Anda bisa membuat etalase buku dan menambah pajangan boneka seperti contoh di atas.

4. Siapkan furnitur esensial

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan si kecil di ruang bermainnya. Mulai dari menyusun puzzle, bermain games, membuat kerajinan tangan dan mengerjakan PR. Untuk itu, siapkan furnitur yang bisa mendukung aktivitas dan menyimpan semua peralatannya.

Yang pertama adalah rak berongga yang diisi kontainer atau laci tertutup berukuran rendah. Kemudian satu set meja dan kursi kecil, dan terakhir pelapis lantai yang hangat seperti karpet.