Merancang kolam ikan kecil di dalam rumah memang menjadi tantangan tersendiri. Di satu sisi, kehadiran kolam ikan di dalam ruang keluarga bisa memberi kesan relaksasi sekaligus dekorasi di dalam ruangan.

Di perkantoran maupun apartemen sering dijumpai kolam ikan yang didesain dalam media akuarium yang cantik. Bagaimana dengan Anda, tertarik membuat kolam ikan mini? Berikut tips membuat kolam kolam ikan dalam rumah !

Untitled-1

Hal pertama yang harus disiapkan adalah lokasi atau area dimana Anda ingin meletakkan akuarium.

Untuk beberapa rumah berukuran mungil, memanfaatkan ruang vertikal sebagai dekorasi bukanlah hal yang asing lagi. Dengan membuat kolam ikan yang melekat pada dinding, ruang tamu Anda bisa terkesan seperti ada di dalam air. Tapi, perhatikan arah datangnya cahaya. Sebab, jika ingin menambah tanaman hidup di dalam akuarium, mereka harus mendapat asupan cahaya matahari yang cukup.

Pilih tipe dan ukuran kolam yang sesuai dengan ruangan.

Anda bisa melihat ke toko taman atau toko ikan terdekat untuk memilih wadah kolam yang sesuai dengan selera. Ada yang terbuat dari plastik, kaca, bahkan kolam permanen yang dibentuk dari semen dan pasir.

Buat rangka dan tutup dengan kayu plywood di setiap sisi.

Untuk memberi kesan klasik, Anda bisa menutup pinggiran kolam dengan kayu plywood yang kokoh.

Beri hiasan di sekitar kolam.

Anda bisa membuatnya sendiri, meminta bantuan tukang kolam hias, atau bahkan Anda bisa menggunakan jasa kontraktor interior  yang sudah berpengalaman untuk dekorasi pinggir atau bagian dalam kolam. Ukur dimensi kolam dengan tepat, mulai dari lebar, tinggi dan panjangnya. Anda bisa memberi sisa area sekitar 6 inci di sekitar kolam untuk hiasan. Kemudian isi dengan tanaman maupun batu-batuan berwarna.

Untitled-1

Menambah filter dan pompa air di dalam kolam

Untuk kolam hias yang diisi dengan bebatuan dan tanaman plastik, Anda bisa menambah pasir di permukaan kolam supaya terlihat rapi. Jangan lupa tambahkan filter dan pompa air supaya air kolam tetap bersih.

Masukkan air ke dalam kolam ikan

Terakhir, tambahkan air yang cukup ke dalam kolam beserta ikan hias yang Anda sukai. Ada beberapa jenis ikan hias favorit seperti koi dan ikan mas. Akan tetapi, hindari menggabungkan kedua jenis ikan ini ke dalam satu kolam. Sebab ikan koi bisa tumbuh lebih besar dari ikan mas, sehingga bisa mendominasi makanan yang diberikan. Supaya air kolam tetap jernih, tambahkan formula khusus yang biasa dijual di toko ikan.