Semakin tingginya harga tanah membuat sejumlah pengembang lebih banyak fokus membangun rumah dengan ukuran kecil. Alasannya, agar lebih mudah diserap pasar karena harga jualnya yang relatif rendah.

Namun, karena ukurannya yang kecil, banyak orang yang kehabisan ide untuk membuat dapurnya menjadi lebih fungsional walaupun kecil.

Kitchen-Set-Dapur-Minimalis

Padahal ada banyak inspirasi desain kitchen set minimalis yang bisa Anda contek. Dengan memanfaatkan setiap celah yang ada, Anda bisa menata peralatan masak dan bumbu makanan dengan rapi dan bergaya hanya dalam ruangan berdimensi 2×3 meter saja. Penasaran? Simak beberapa trik berikut ini 

(Baca juga Desain Interior Elegan)

Pilih Perabot Ramping dan Kokoh
Agar memberi kesan ruang yang lega, pilih perabot yang berukuran kecil namun kokoh dan tahan lama. Belakangan ini banyak tersedia produk elektronik di pasaran yang memiliki desain ergonomis, kecil namun tetap terlihat stylish.

Gunakan Satu Mangkuk Wastafel

Untuk membuat countertop (meja dapur) Anda menjadi lebih luas cukup gunakan satu mangkuk wastafel. Selain terlihat praktis, kini banyak desain single-wastafel yang tersedia dengan model beragam di pasaran.

Manfaatkan Dinding Untuk Penyimpanan

(Baca Juga Tips Memilih Perlengkapan Kitchen Set)

Jika tersisa dinding kosong di dapur Anda, jangan hanya dimanfaatkan untuk menggantung kalender atau lukisan. Manfaatkan setiap celah untuk penyimpanan alat masak seperti panci, wajan dan sebagainya.

Tata rak atau rel gantungan dari bawah lantai sampai langit-langit untuk penyimpanan yang maksimal. Lakukan hal yang sama ketika menyimpan mangkuk dan sendok di dalam laci, manfaatkan setiap celah yang ada di bawah meja dapur untuk membuat rak penyimpanan.

Kustomisasi Kitchen set

Cara paling mudah untuk mengatur dapur minimalis adalah dengan mendesain kustom sebuah kitchen set sesuai dengan ukuran dan kebutuhan kita.

Sebagai contoh, kitchen set  tidak hanya memuat kompor, wastafel dan countertop saja, namun sisa ruang dimanfaatkan untuk membuat rak geser yang sangat inspiratif!

Detil Minimalis

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah detail perabot yang serba minimalis. Tidak hanya rak dan laci yang tertata rapi dengan warna senada dalam satu kitchen set, tapi juga perhatikan setiap detil. Seperti kenop dan gagang yang didesain setipis mungkin.

Perhatikan juga asupan cahaya yang bisa datang dari jendela, ventilasi atau pintu kaca bening yang membuat ruangan terkesan lega.

Kabinet Menyentuh Langit-langit

Dengan ruang yang terbatas, Anda harus bisa memanfaatkan setiap sudut ruangan semaksimal mungkin. Salah satunya ialah tinggi kabinet dan laci yang dibuat setinggi mungkin hingga menyentuh langit-langit.

Konsekuensinya, mungkin Anda akan butuh kursi kecil untuk meraih laci paling atas, namun ini adalah solusi penyimpanan yang paling ampuh.

 

Tanpa pintu

Buat dapur lebih lega dan sirkulasi udara yang segar dengan membiarkan dapur terbuka tanpa terlalu banyak sekat dan pintu.