Warna pastel adalah sekelompok warna dengan kecerahan tinggi dan saturasi rendah hingga menengah. Warna pastel biasanya cenderung berkabut dan bernuansa lembut. Saat ini warna pastel juga diminati sebagai warna untuk mendekorasi interior rumah. Apakah Anda juga tertarik mencobanya? Berikut saran sebelum Anda mengganti cat dinding ruangan menjadi warna pastel !

1. Warna pastel tak mengenal batasan

Ada anggapan bahwa warna pastel hanya cocok untuk kamar tidur atau ruang bermain anak-anak atau remaja. Penyuka warna pastel cenderung dianggap feminin dikaitkan dengan tampilan warna pastel yang lembut. Dalam dekorasi interior, warna pastel dapat membantu menghadirkan kedalaman bila disandingkan bersama pola dan warna yang lebih pekat.

2. Perangkat dapur warna pastel

Perabotan dapur warna putih, hitam, atau coklat sudah biasa digunakan. Menambahkan sedikit sentuhan warna pastel bisa mendatangkan suasana baru yang menyegarkan. Anda tidak perlu membeli perabot baru berwarna pastel, cukup aplikasikan saja warna pastel pada perangkat dapur.

3. Kombinasikan dengan motif

Warna pastel adalah palet atau dasar yang siap menerima keragaman. Motif garis-garis di belakang kepala tempat tidur menjadi aksen dinding yang memikat meski sederhana. Motif juga bisa diaplikasikan pada tekstil atau pernak-pernik lainnya di dalam ruangan. Pilihlah motif berwarna serasi dengan warna pastel, berbentuk kecil-kecil, atau geometris agar tidak menimbulkan kesan dekorasi interior ruangan yang tumpang tindih.

4. Hindari furnitur dengan banyak hiasan

Konsep warna pastel adalah meningkatkan nilai visual dengan kecerahan yang tidak menusuk mata. Oleh karena itu warna pastel bisa menjadi alternatif warna dekorasi interior gaya Skandinavia selain warna putih dan abu-abu. Kelembutan warna pastel membuatnya sempurna sebagai warna tema interior minimalis. Bila Anda memilih warna pastel sebagai upaya menghadirkan atmosfer minimalis, hindarilah penggunaan furnitur yang terlalu rumit dan memiliki banyak lengkung. Warna pastel yang sederhana sudah cukup menarik perhatian, sehingga detil lainnya kurang diperlukan.

5. Furnitur kayu dengan furnishing serasi

Warna pastel bukan hanya bisa diaplikasikan pada cat dinding, tapi juga pada furnitur kayu. Mengecat ulang atau memfurnish ulang furnitur kayu dengan warna pastel jelas lebih hemat daripada membeli furnitur baru berwarna pastel. Meski demikian, tidak semua furnitur kayu harus dicat warna pastel. Sisakan beberapa dalam warna aslinya sebagai elemen kontras pada ruangan.

6. Padukan dengan warna netral

Warna pastel tidak harus selalu dipadukan dengan warna pastel lainnya. Perpaduan dengan warna dari golongan lain bisa menghasilkan pesona visual di ruangan Anda. Warna putih dan abu-abu sering digolongkan sebagai warna netral yang ‘muted’ atau dingin. Apa jadinya bila warna pastel dan warna netral disejajarkan? Pasti luar biasa!